Plt Walikota Medan Hadiri Apel Gelar Pasukan Terkait Pengamanan Sidang Seapac

Kategori: Berita Diposting oleh : Administrator Dibaca : 62 kali Pada : Jumat, 01 November 2013 - 08:36:13 WIB

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan Pengamanan Sidang Umum Seapac tahun 2013 Wilayah Sumatera Utara (Sumut) di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (21/10/2013). Apel gelar Pasukan ini diikuti oleh Personil Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Syarif Gunawan selaku Pimpinan Apel dalam arahannya mengatakan tujuan dari Apel Gelar Pasukan ini adalah selain untuk mengetahui sebagaimana tingkat kesiapan Polda Sumut beserta Jajaran yang bekerja sama dengan Pemerintahan terkait guna mengamankan sidang umum Seapac pada tanggal 23-24 Oktober di Wilayah Sumut disamping itu juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pelayanan Pengamanan.

Menurut Syarif, kepada semua personil yang terlibat dan ditugaskan dalam pengamanan sidang umum Seapac diharapkan mampu melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh yang penuh tanggung jawab terhadap objek-objek atau sasaran yang ditentukan seperti ditempat berlangsungnya sidang utama dan penginapan para peserta sidang Seapac dari serangan terorisme, aksi bom bunuh diri dan aksi unjuk rasa serta perilaku sabotase, katanya.

Syarif juga mengatakan, bahwa para peserta Sidang Umum Seapac terdiri dari beberapa Negara yaitu Thailand, Filiphina, Singapore, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Timur Leste, Malaysia, Australia, India, Kanada, Jepang, Arab, Afrika dan Negara Eropa yang juga dihadiri para Pejabat Negara Indonesia dan petugas yang diturunkan Polda Sumut sebanyak 700 personil , ungkapnya.

Untuk itu, Syarif mengharapkan agar semua Personil dapat melaksanakan tugas pengamanan ini dengan baik karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bukan saja Negara Indonesia yang tahu akan tetapi Negara para peserta Sidang Umum Seapac juga akan mengetahui dan ini dapat merusak citra Indonesia khususnya Wilayah Sumut, ujarnya.

Dijelaskan Syarif, Pelaksanaan Sidang Umum Seapac akan berlangsung di Hotel Arya Duta Medan dimana dilanjutkan dengan jamuan Makan oleh Ketua DPR RI di Hotel Grand Aston setelah itu peserta juga akan dijamu oleh Gubernur Sumut di Gubernuran, untuk itu kepada Para Petugas agar dapat mempersiapkan pengamanan ini dengan sebaik mungkin, Harapnya.

Sementara itu Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi setelah mengikuti Apel Gelar Pasukan menilai pelaksanaan apel gelar pasukan ini sangat baik dimana akan di selenggarakannya pertemuan Internasional yaitu Sidang Umum Seapac yang akan berlangsung di Kota Medan.

Dikatakan Eldin, dari Pemko Medan akan berkoordinasi dengan Pihak Polda Sumut untuk mengamankan jalannya sidang umum tersebut dengan menurunkan sejumlah personil satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk membantu pengamanan sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan aman, katanya.

Menurut Eldin, Kota Medan saat ini dikenal Kota MICE dengan keamanannya yang terjamin ini diliat dari berbagai pertemuan internasional yang telah digelar di Kota Medan seperti SOM III APEC dan yang akan berlangsung ini Sidang Umum Seapac dimana kedepan akan banyak kegiatan internasional yang dilaksanakan di Medan.

Untuk itu, lanjut Eldin, Pemko Medan sangat mendukung dan siap mensukseskan pertemuan internasional Sidang Umum Seapac karena sebagai tuan rumah harus mampu memberikan yang terbaik kepada para peserta sehingga dengan begitu mereka akan terkesan dan dapat memperkenalkan Kota Medan di Negaranya masing-masing, ungkap Eldin.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
Name: Website: Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)